Kangen

Bersama Tante Di salah Satu Sudut Halaman@etydoc

Hidup merantau jauh dari orangtua dan keluarga telah aku jalani selama 8 tahun. Sejak menikah aku mengikuti suamiku ke kota Palembang. 6 tahun tinggal di kota pem-pek itu, petualanganku berlanjut ke Indralaya, sebuah kota kecil di lintas timur Sumatera. Sebagai perantau kadang rasa kangen akan kampung halamanĀ  menari-nari di benakku.

Tidak hanya suasana, berkumpul dengan orangtua dan saudara tapi juga kangen dengan rumah orangtua yang asri. Halaman rumahnya memang tidak luas. Namun dipenuhi dengan tanaman hias dan pohon klengkeng yang memberi keteduhan. Asri dan indahnya halaman rumah orangtuaku merupakan hasil dari ketekunan Bapak. Kegemarannya bertanam telah membuat tanaman tumbuh terawat.

Rapi Dan Asri @etydoc

Selain membuat adem, halaman rumah juga merupakan tempat yang bagus untuk berfoto. Meski sederhana namun terlihat indah. Kami juga senang duduk-duduk di teras untuk sekadar bercengkerama. Halaman rumah yang asri juga membuat rumah tampak indah. Suasana seperti inilah yang selalu membuatku kangen. Untuk mengobati kangen biasanya aku melihat foto-foto kami di halaman rumah orangtua.

Bersama Kakek Duduk Di teras@etydoc

Ingin sekali memiliki rumah seperti rumah orangtuaku yang memiliki halaman yang asri, tempat kami melepas penat dan bercengkerama dengan anak-anak. Untuk itu kami sengaja tidak menyemen halaman rumah kami, rumput hijau kami gunakan sebagai semennya. Sebatang pohon mangga dan pohon cempedak tumbuh di sana meskipun masih pendek dan belum memberi keteduhan.Aku yakin suatu hari nanti, akan tumbuh subur dan daunnya yang lebat akan meneduhkan rumah kami.

Sayang, kami mungkin tidak bisa menikmatinya, karena sebentar lagi kami akan pindah rumah. Suamiku pindah tugas ke kota lain nun jauh di Pulau Jawa jadi kami pun harus ikut pindah. Rumah kami putuskan untuk disewakan

Keinginan untuk memiliki rumah dengan halaman yang asri masih menjadi cita-cita. Semoga nanti di rumah baru kami bisa membuat taman asri di halaman rumah. Seperti rumah orangtuaku yang selalu aku kangeni.

4 thoughts on “Kangen

  1. Saya bisa membayangkan perasaan kangen berada di rantau. Saya bukan perantau. Tapi ada satu masa saya berdinas keluar kota dengan frekwensi yang tinggi. Dalam sebulan hanya seminggu di rumah. rasa kangen pada rumah dan anaanak sangat menyiksa. Waktu itu si bungsu baru berusia 3 bulan. Jika kangen, bau tubuh anak-anak serasa ada diujung hidung.

    • Iya mba, meski sudah saya berkeluarga orangtua juga merasakan kangen yang sama apalagi sama cucunya. makanya mereka senang sekali mendengar kami akhirnya pindah ke Jawa. Jadi bisa lebih dekat dengan orangtua.Terimasih sudah mampir mbak..

  2. Kita punya keinginan yang sama mba… memiliki rumah yang asri dan bisa menempatinya. Saya juga sampai saat ini masih pindah sana sini… rumah sendiri terpaksa disewakan karena belum berkesempatan untuk menempatinya. Sedihnya lagi, sulit sekali mengharapkan si penyewa menjaga dan merawat rumah kita dengan baik…. :(

    Hidup di perantauan memang sering menimbulkan rasa kangen untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak family, kangen akan suasana rumah sendiri yang adem dan tentram… whatever, rumahku adalah istanaku ya mba? Mudah-mudahan suatu saat nanti keinginan mba dapat tercapai dengan baik yaaa….

    salam kenal dan kunjungan perdana.
    Alaika

    http://alaikaabdullah.com

    • Iya mba, saya sudah berpesan sama yang mau nempatin rumah saya supaya rumah dirawat baik-baik. Semoga saja beliau bisa. Betul mba, rumahku istanaku mau apapun kondisinya di rumah sendiri itu paling nyaman. Amin, salam kenal balik dari saya Mba Alaika

Leave a Reply

