Being Breastfeeding Father Yuk..!

foto:dok.pribadi

Haaa……..Ayah menyusui? Yang benar………?Mana bisa……?Mana mungkin….?Ya..ya..ya..memang benar tidak bisa dan tidak mungkin kalau yang anda maksud adalah ayah yang menyusui bayi.Karena memang kodrat menyusui ada pada ibu.Yang di maksud dengan breastfeeding father adalah ayah yang mendukung agar proses menyusui yang dilakukan oleh ibu dan bayi berjalan lancar dan sukses.

Oh…begitu ya….?Bukannya menyusui itu urusan ibu dan bayi saja?Perlu diketahui bahwa penyumbang terbesar dalam menyusui adalah kondisi emosi sang Ibu.Kondisi emosi ibu berpengaruh pada banyak sedikitnya produksi ASI.Jika dalam keadaan stres,lelah maka produksi ASI akan sedikit.Sebaliknya apabila ibu dalam keadaan cukup istirahat,bahagia,pikiran tenang maka produksi ASI akan banyak.Jika produksi ASI banyak maka keberhasilan menyusui akan didapat bahkan sampai dengan 2 tahun.

Para ayah harus memahami bahwa mengasuh anak adalah tanggungjawab berdua sehingga diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan ibu termasuk dalam rangka memberikan ASI eksklusif dan dilanjutkan hingga 2 tahun.

Kira-kira bentuk dukungannya seperti apa ya?Kalau itu disesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga.Jika mampu membayar pembantu rumahtangga maka lakukanlah agar ibu dapat konsentrasi dalam merawat bayi tanpa disibukkan dengan pekerjaan rumahtangga lainnya.Kalau tak mampu memiliki prt maka berbagi tugas saja,bisa menggantikan popok,memandikan bayi,pokoknya atur sajalah sesuai kondisi masing-masing.Yang penting ibu cukup istirahat dan tidak stres sehingga bisa sukses menyusui.Selain itu ayah juga harus bisa jadi supporter yang hebat bagi ibu ketika menemui hambatan dalam proses menyusui.Misalnya dengan menguatkan niat ibu ketika ternyata lingkungan sekitar tidak mendukung ASI eksklusif ataupun ketika produksi ASI tidak lancar,ayah harus aktif mencarikan solusi dari masalah tersebut.

Percayalah ayah bahwa dukungan sekecil apapun pasti sangat berarti bagi ibu.Jadi ayah juga harus aktif mencari informasi tentang ASI dan menyusui ya.

Nah……bagaimana para ayah,papa,bapak,abi mau dong bekerjasama dengan ibu demi investasi tak ternilai yaitu anak sehat,kuat dan cerdas.Are You Ready….?Siiiiiiiiiiiip………lah……..

Sumber:Nakita


3 thoughts on “Being Breastfeeding Father Yuk..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s