Ibu Bekerja Menyusui? Pasti Bisa!

Cuti melahirkan bagi ibu bekerja yang hanya 3 bulan seringkali menjadi hambatan dalam pemberian ASI Eksklusif dibulan – bulan selanjutnya. Alasannya tidak memungkinkan memberi ASI karena lokasi kerja dengan rumah jauh ataupun tidak mungkin membawa bayi ke kantor. Sayang kan jika pemberian ASI Eksklusif terputus, padahal ada cara untuk tetap memberikan ASI kepada bayi anda, yaitu dengan cara memerahnya (ASI Perah). Ibu tidak perlu kawatir akan kualitas ASI perah, dengan langkah-langkah yang benar dan tepat maka kualitasnya tidak beda dengan menyusui langsung. Ini langkah yang harus ibu lakukan agar dapat memerah dan menyimpan ASI dengan benar :

Cara Memerah ASI

  • dapat dilakukan dengan alat bantu pompa baik yang elektrik maupun non elektrik. Cara pakainya ikuti petunjuk dalam kemasan.
  • atau dapat menggunakan tangan.

Waktu Memerah, sebaiknya pada saat payudara penuh sehingga didapat hasil yang maksimal.

Cara Menyimpan ASI Perah :

  • Simpan dalam tempat yang bersih dan tutup rapat-rapat. kalau bermaksud menyetok ASI dalam jumlah yang banyak sebaiknya tulis jam dan tanggal ketika memerah ASI. ASI yang lebih dulu diperah itu yang diminum lebih dulu.
  • Jika disimpan di udara terbuka ASI perah dapat bertahan 6-8 jam.
  • Di dalam termos yang diberi es  dapat bertahan 1×24 jam.
  • Di dalam lemari es dapat bertahan 2×24 jam.
  • Jika terpaksa harus menyimpan dalam frezer ASI perah dapat bertahan 3 bulan tapi jumlah zat immunoglobulin berkurang karena mati akibat kedinginan.

Cara memberikan ASI perah

Hangatkan ASI dalam wadah berisi air hangat suhu 26-27 derajat. Jangan air mendidih apalagi di hangatkan dengan cara merebus karena merusak zat gizi ASI. Jika ASI di simpan dalam frezzer, keluarkan dulu dan simpan di lemari pendingin sehari sebelumnya. Sebaiknya berikan ASI dengan sendok hal ini untuk menghindari bingung puting. Latihlah dulu bayi anda selagi anda masih cuti. Bisa juga diberikan menggunakan pipet jika sulit pakai  sendok. Ini dilakukan ketika ibu tidak berada di rumah, ketika ibu ada maka sebaiknya susui langsung, karena bayi anda rindu setelah seharian anda tinggalkan.

Semoga bisa membantu anda para ibu bekerja yang ingin tetap memberikan ASI untuk si buah hati tercinta. Salam ASI…..

Sumber: Nakita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s