Menyusui Membuat Sistem Metabolisme Dan Jantung Anda Sehat

foto:Healthnews.com

Menyusui ternyata dapat secara signifikan menurunkan resiko jangka panjang terhadap faktor resiko penyakit jantung yang dikenal sebagai sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme ini menurut American Heart Association disebabkan karena kegemukan, kurangnya aktifitas fisik dan faktor genetik. Sindrom ini ditandai sebagai faktor resiko penyakit jantung diantaranya kegemukan perut, rendahnya kadar HDL (kolesterol baik) dan tingginya kadar LDL (kolesterol jahat), kadar trigliserida tinggi, daya tahan terhadap insulin, tubuh tidak dapat menerima glukosa, tekanan darah tinggi, kecenderungan terjadi penggumpalan darah, dan peradangan. Mempunyai sindrom metabolisme seperti disebut tadi berarti mempunyai resiko terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian yang dirilis dalam Jurnal Online Diabetes, Erica Gundersen dari Kaiser Permanente Division Of  Research, menyampaikan bahwa adanya hubungan antara lamanya masa menyusui dengan menurunnya resiko terkena sindrom metabolisme yang merupakan faktor penyebab penyakit jantung dan diabetes. Semakin lama masa menyusui maka semakin turun resiko terkena sindrom metabolisme.

Penelitian ini dilakukan terhadap ibu hamil tanpa diabetes kehamilan dan ibu hamil dengan diabetes kehamilan, hasilnya menunjukkan : menyusui sampai dengan 5 bulan bagi ibu hamil tanpa diabetes kehamilan resiko turun hingga 39% dan bagi ibu penderita diabetes kehamilan resiko turun hingga 44%. Fakta lain menunjukkan menyusui lebih dari 9 bulan bagi ibu hamil tanpa diabetes kehamilan resiko turun hingga 56% sedangkan bagi ibu hamil dengan diabetes kehamilan resiko turun hingga 86%.

Temuan ini tentu semakin menguatkan fakta bahwa ASI memang yang terbaik buat bayi dan ibu. Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi bayi tapi juga bagi ibu. Manfaat kesehatan yang diperoleh ibu dengan menyusui sayang untuk dilewatkan.

Jika para wanita ingin mengurangi resiko terkena sindrom metabolisme maka makanlah makanan sehat, olahraga teratur dan menyusuilah, begitu kata Erica Gundersen. Karena dengan menyusui anda akan mendapatkan manfaat kesehatan di masa depan.

Para ibu……..jangan ragu lagi untuk menyusui ya…………………………………..!

Sumber: Healthnews.com

One thought on “Menyusui Membuat Sistem Metabolisme Dan Jantung Anda Sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s