Mengatasi Diare

Anda pernah mengalami diare? Rasanya semua orang pernah mengalami diare.Tapi banyak diantara kita belum mengetahui apa itu diare dan cara mengatasinya. Kelihatan sepele bukan? Namun jika terlambat ditangani akan fatal akibatnya karena bisa menyebabkan kematian.
Diare sebenarnya cara tubuh kita mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam pencernaan kita,diantaranya berupa virus,bakteri, jamur atau racun.Jadi jangan cemas ketika diare kita banyak mengeluarkan kotoran cair karena sebetulnya pertahanan tubuh kita sedang bekerja.

Lalu bagaimana cara tepat mengatasi diare? Prinsipnya adalah gantikan cairan yang keluar dari tubuh karena ketika diare tubuh kita banyak mengeluarkan cairan bukan? Cairan yang bisa kita minum saat diare adalah cairan yang mengandung elektrolit seperti oralit, cairan gula dan garam,teh manis, air tajin, kuah sayur atau jus apel. Jadi setiap kali BAB usahakan minum cairan tadi supaya tubuh kita tidak kekurangan cairan.

Jika dalam waktu 3 hari ternyata belum sembuh atau jika disertai muntah terus menerus,demam tinggi,tidak bisa makan atau minum,buang air besar tidak berhenti, ada darah dalam kotoran maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s