Kontrasepsi Aman Untuk Menyusui

Bagi ibu-ibu yang sedang menyusui seringkali mengeluhkan ASI nya berkurang ketika menggunakan kontrasepsi tertentu. Ternyata ada beberapa kontrasepsi yang memang mempengaruhi produksi ASI biasanya untuk kontrasepsi hormonal. Agar proses menyusui dapat berjalan lancar maka sebelum memilih kontrasepsi sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan. Ini penting agar bayi tetap mendapat ASI yang cukup apalagi pada 6 bulan pertama karena bayi belum mendapatkan asupan makanan tambahan. Lalu kontrasepsi apa saja yang aman untuk menyusui ? Ibu harus baca yang satu ini.
Kontrasepsi yang aman untuk menyusui adalah
1. Kontrasepsi Hormonal
Yang aman untuk menyusui adalah yang mengandung progesteron. tersedia dalam bentuk pil, suntik 3 bulan, dan susuk (implan).
2. Kontrasepsi Non Hormonal
IUD (spiral) dan kondom.
3.Prolonged Lactation (menyusui), dengan syarat ASI eksklusif, belum menstruasi dan bayi menyusu lebih dari 6 jam sehari.
Nah itu pilihan yang dapat ibu pertimbangkan dalam memilih kontrasepsi. Tidak ada alasan berhenti menyusui karena ASI berkurang gara-gara kontrasepsi atau beralasan tidak tahu ada kontrasepsi yang aman buat menyusui.
Pilihlah yang cocok dengan kondisi ibu. Jadi konsultasikan sebelum memakainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s