LABU KUNING SEBAGAI SUMBER PANGAN ALTERNATIF

DOK:GOOGLE


Labu kuning memiliki nama latin Cucurbita spp atau dalam Bahasa Inggris disebut pumpkin atau di beberapa daerah di Indonesia disebut waluh. Daging buahnya berwarna jingga atau oranye ini ternyata mengandung batakaroten yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata & daya tahan tubuhklik diAnneAhira

Selain itu labu kuning juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Zat gizi lain yang terkandung dalam labu kuning adalah karbohidrat, vitamin A dan vitamin C. Labu kuning diketahui juga mengandung antioksidan yang dikenal sebagai zat pencegah kanker. Dalam tiap 100 gr buah labu kuning terkandung 20 sampai 34 kalori,1 gram protein dan 0,1 gram lemak.
Melihat zat gizi dan manfaat yang terkandung dalam buah labu ini,sudah selayaknya labu kuning dijadikan alternatif sumber pangan. Namun sayangnya pemanfaatan buah labu kuning baru sebatas konsumsi rumahtangga belum dimanfaatkan secara ekonomi kalau pun ada masih sedikit sekali. Itupun skala industri rumahtangga seperti dodol labu.
Olahan labu kuning yang sering kita jumpai adalah sayur labu, kolak atau pudding. Padahal labu kuning karena mengandung karbohidrat dapat di olah menjadi tepung labu. Cara mengoalah labu kuning menjadi tepung adalah sebagai berikut:
1. Pilih buah labu yang mengkal,karena kalau terlalu masak kadar airnya banyak.
2. Kupas,cucu dan blansir selama 5-10 menit atau kukus dengan panci terbuka.
3. Potong dengan ukuran 0,1-0,3cm atau di sebut sawut.
4. Proses penghacuran sawut untuk mendapatkan butiran kecil. proses ini dapat dilakukan dengan mesin giling tepung beras. klik diIndonesian Nutrition Network
Dalam bentuk tepung pengolahan labu kuning menjadi makanan akan lebih mudah contohnya dibuat mie,kue dan lain-lain , karena labu kuning ketika sudah dibelah cepat rusak maka harus segera habis. Sementara kalau dalam bentuk tepung maka akan lebih awet.
Saya sendiri sedang mencoba mengolah labu kuning sesuai dengan hobi saya yaitu membuat kue, saya telah mencoba membuat brownies labu dan pie labu. Meskipun masih butuh penyempurnakan teknik pembuatan yang paling tepat, rasa kue buatan saya enak paling tidak kata suami dan anak-anak saya. Mudah-mudahan nantinya semakin banyak kreasi makanannya dan bisa menjadi sumber penghasilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s