MENGENAL PARCHMENT CRAFT

DOK:GOOGLE


Anda sudah mengenal seni yang satu ini?? Kalau belum anda bisa membaca tulisan ini.
Parchment craft adalah seni menghias diatas kertas kalkir dengan menggunakan berbagai macam teknik diantaranya teknik tekanan (embossing), teknik tusukan (stippling), teknik perforasi (perforating) dan menggunting (cutting) dengan hasil akhir membentuk renda. Anda juga masih asing dengan seni yang satu ini?
Wajar karena seni ini bukan asli Indonesia, selain itu peralatan yang digunakan pun harganya relatif mahal sehingga parchment craft belum dikenal luas.
Parchment craft tenyata telah lama dikenal bahkan seni ini telah ada sejak tahun 500 setelah Masehi, wow……tua sekali ya. Dahulu kala media yang dipakai bukanlah kertas kalkir seperti sekarang ini namun medianya menggunakan kulit hewan, biasanya kulit sapi atau kulit kambing.
Parchmant craft diketahui berasal dari Turki, kemudian dikenal luas di Eropa dan Amerika Selatan. Parchmant craft digunakan untuk menulis dan menggambar bentuk-bentuk dekoratif keagamaan.
Dalam perkembangannya parchment craft memiliki banyak kreasi diantaranya meliputi hiasan dinding&meja, pembatas buku, kap lampu, kotak kecil, dan bunga-bunga, undangan dan lain-lain.
Bagi anda yang memiliki hobi membuat kerajinan tangan, seni yang satu ini pantas untuk dicoba. Selain indah,proses pengerjaannya memerlukan ketelatenan&ketelitian yang luar biasa. Cocok untuk melatih konsentrasi dan kesabaran. Bagi yang berminat bisa mengikuti kursus di Internatinal Parchment Craft Academy (IPCA). Untuk informasi kursus di Indonesia bisa menghubungi kordinator Indonesia di Bizzy Bee Handycraft Centre Jakarta.
Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai parchment craft bisa klik di www.pergamano.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s