PENGARUH PIKIRAN NEGATIF TERHADAP KELANCARAN ASI

 

Adakah pengaruhnya??? Ternyata ada pengaruhnya lho Mom. Masalah yang sering dialami para Mom yang menyusui adalah produksi ASI nya sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Kemudian timbul pertanyaan kenapa ya bisa demikian padahal Mom merasa segala upaya telah dilakukan secara maksimal dari makan sayur katuk, minum suplemen,minum susu khusus menyusui,dan lain-lain tapi masih saja belum berhasil. Lalu pertanyaan yang harus dijawab oleh Mom adalah apakah pikiran Mom senantiasa diliputi hal-hal negatif??? Kalau iya berarti akar masalahnya sudah ketemu, sekarang tinggal cari solusinya. Dan agar Mom lebih paham kenapa pikiran negatif itu bisa berpengaruh terhadap ASI, Mom bisa baca tulisan ini.

Pikiran itu mempunyai kekuatan yang dasyat, positif atau negatif sama dasyatnya. Coba bayangkan kalau yang ada di pikiran kita adalah hal negatif maka yang negatif itu yang akan menguasai diri kita. Pikiran negatif yang biasanya menghinggapi para Mom yang sedang menyusui adalah panik ketika bayinya rewel atau belum bisa menghisap puting. Kemudian cemas, kawatir, jangan – jangan ASI nya tidak cukup. Ada lagi yaitu tidak percaya diri bahwa Mom mampu menyusui atau juga tidak percaya diri karena penampilan tidak seperti dulu lagi. Jika pikiran-pikiran negatif tersebut tidak segera diatasi maka dapat menimbulkan stres atau bahkan depresi. Kondisi inilah yang akan menghambat kelancaran aliran ASI.

Bagaimana bisa ya???? Begini Mom ceritanya…seperti kita ketahui bahwa ada 2 hormon yang berhubungan dengan ASI yaitu hormon prolaktin yang sudah dibahas di tulisan sebelumnya dan hormon oksitosin yang bertugas dalam distribusi atau mengalirkan ASI. Hormon yang berhubungan dengan kondisi psikologis adalah hormon oksitosin.

Kerja hormon oksitosin ini sangat dipengaruhi oleh kondisi psikologis. Pikiran yang bahagia,tenang, damai, percaya diri akan meningkatkan kerja hormon oksitosin. Jika kerja hormon oksitosin tidak terhambat maka ASI pun mengalir lancar tapi jika kerjanya terhambat maka ASI tidak lancar mengalir. Lalu apa yang menghambat kerja hormon oksitosin ya??? Tidak lain adalah pikiran negatif seperti cemas, tidak percaya diri,sedih, stres bahkan depresi. Jadi jika Mom sedang menyusui sebisa mungkin hindari pikiran negatif, jika ada persoalan segera cari solusinya bisa minta bantuan suami, orangtua,sahabat atau saudara agar tidak berlarut-larut sehingga mengganggu proses menyusui.

Oke Mom, Dad, Ayah, Bunda, Bapak, Ibu, Abi, Ummi semuanya…….semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya….terimakasih.

2 thoughts on “PENGARUH PIKIRAN NEGATIF TERHADAP KELANCARAN ASI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s