Kenali Tipe Bayi Anda Dalam Menyusu

Ternyata dalam menyusu bayi dapat digolongan dalam beberapa tipe lho !!!Jika selama ini Mom mengalami bayinya tidak langsung menyusu ketika sudah disodori puting susu Mom bisa membaca tulisan ini.

Kesulitan bayi dalam menyusu biasanya terjadi di minggu-minggu awal kelahirannya. Ini terjadi karena baik bayi maupun ibunya sedang sama-sama belajar menyesuaikan diri. Namun jika kesulitan dalam menyusu itu berlanjut, segera amati kebiasaan bayi anda dalam menyusu, tergolong tipe yang manakah bayi anda dan apakah nantinya perlu penanganan khusus.

Berdasarkan penelitian Dr. GR Barnes, Jr yang diterbitkan dalam Journal of The American Medical Association, ada 5 tipe bayi dalam menyusu, yaitu:

1. Tipe Pelahap

Bayi ini tergolong paling mudah dalam menyusu dan tidak memerlukan penanganan khusus. Bayi tipe ini akan cepat melahap puting susu yang disodorkan dan menyusu dengan semangat selama 5 sampai 10 menit.

2. Tipe Penunda

Bayi tipe ini menunda menyusu dalam 4 atau 5 hari setelah lahir. Kelihatannya bayi ini tidak berminat menyusu tapi sebenarnya dia akan menyusu begitu dia menginginkannya. Tidak perlu cemas, bujuk dia dengan cara yang lembut seperti usapan yang lembut,pandangi dan ajak bicara.

3. Tipe Penggumam

Bayi tipe ini akan menekan mulutnya ke puting susu,menghisapnya sedikit dan mencibirkan bibir mereka kemudian baru menyusu lagi. Bayi tipe ini jangan diburu-buru karena dia akan marah. Biarkan saja beberapa menit maka dia akan mulai menyusu kembali.

4. Tipe Santai

Bayi tipe ini suka berhenti sebentar saat menyusu, tapi dia akan menyusu lagi. Bayi tipe ini tetap bisa menyusu dengan baik hanya saja proses menyusui jadi lebih lama. Jangan diburu-buru karena bisa membuat dia mogok menyusu.

5. Tipe Agresif

Bayi tipe ini sangat aktif menghisap puting. Dia akan menjerit jika puting susu dikeluarkan dari mulutnya sementara dia masih ingin menyusu. Dia akan butuh waktu untuk mau menyusu kembali. Bujuklah dengan banyak menimang dan megelusnya agar dia mau menyusu lagi.

Jadi, termasuk tipe manakah bayi Mom????? Tipe yang mana saja, intinya selalu membutuhkan kasih sayang, kelembutan dan kesabaran dalam menyusui bayi Mom. Good Luck and happy breastfeeding………

Sumber: Ayahbunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s